Kamis, 23 Januari 2014

Rekor Bayaran Penemu "Kutu" Facebook Pecah

Seorang peretas (hacker) bernama Reginaldo Silva mendapatkan imbalan uang dalam jumlah besar dari Facebook, karena berhasil menemukan "kutu" alias bug dalam jejaring sosial populer tersebut.


Silva yang berkewarganegaraan Brasil tersebut menemukan kode XML yang jika diabaikan, seseorang bisa membaca "arbitrary files" dalam server web Facebook. Atas temuannya tersebut, Silva mendapatkan hadiah uang sebesar 33.500 dollar AS (sekitar Rp 4,1 miliar).

Facebook mengatakan bahwa bug tersebut telah dilaporkan semenjak November lalu menindaklanjutinya dengan melakukan perbaikan. Setelah lubang tersebut ditambal, teknisi Facebook mencari cara bagaimana menyalurkan perbaikan tersebut ke semua server web Facebook.

Dilansir The Next Web, Kamis (23/1/2014), tim Facebook kemudian menggunakan tool yang diberi nama Takedown untuk membantu menyebarkan baris kode yang dibutuhkan untuk memperbaiki bug tersebut.

Temuan Silva tersebut merupakan bagian dari kompetisi Facebook Bug Bounty yang diselenggarakan sejak tahun 2011. Kompetisi tersebut sengaja dibuat Facebook untuk para hacker topi putih mencari kelemahan dalam Facebook.

Jumlah uang yang dibayarkan Facebook untuk Silva menjadi rekor tertinggi yang pernah dikeluarkan Facebook untuk hacker hingga kini. Walau demikian, Facebook tidak memberikan batas maksimum imbalan dalam program Bug Bounty ini.

Sebelumnya, di bulan Juni 2012, seorang peneliti dari Inggris juga mendapatkan hadiah uang sebesar 20 ribu dollar AS karena berhasil menemukan celah keamanan dalam Facebook.

Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2014/01/24/1434212/Rekor.Bayaran.Penemu.Kutu.Facebook.Pecah
Sumber 2: Phone Arena
Editor: Reza Wahyudi


Terima Kasih Atas Kunjungannya, Semoga Bermanfaat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Lainnya