Minggu, 05 Januari 2014

NVIDIA Umumkan Tegra K1, Chip Mobile Setara PS4 & Xbox One

Just in case kamu belum tahu, sekarang di Las Vegas sedang ada pameran elektronik terbesar di dunia yang dikenal dengan nama CES (Consumer Electronic Show). Ini adalah ajang dimana para produsen elektronik memamerkan produk terbaru mereka yang belum di produksi untuk umum. Sangat berbeda sekali dengan yang namanya pameran di Indonesia, dimana barang yang dipamerkan biasanya sudah keluar dan bahkan mereka sering menjualnya di tempat pameran.


Salah satu peserta pameran ini adalah NVIDIA dan baru saja mereka mengumumkan Tegra K1 sebagai penerus Tegra 4. Tegra terbaru ini tidak diberi nama Tegra 5 karena menurut mereka Tegra K1 bukanlah sekedar upgrade linear namun sebuah terobosan terpenting yang pernah mereka lakukan dan ini adalah benar-benar “binatang” yang berbeda.

Seperti yang kamu mungkin sudah ketahui Tegra adalah system-on-chip keluaran NVIDIA. Secara mudahnya ini adalah gabungan antara CPU, GPU (pengolah gambar) dan juga memory controller dalam satu chip sehingga lebih praktis, hemat tempat dan juga lebih hemat energi. Apa yang membuat Tegra K1 ini begitu spesial adalah kemampuannya yang setara dengan kemampuan desktop. GPU di dalam Tegra K1 akan menggunakan kepler yang pernah saya bahas sebelumnya. Sedangkan CPU-nya akan datang dalam 2 varian, 32-Bit Quadcore (+1 core) 2.3Ghz dan 64-Bit Dual Core 2.5Ghz. Secara singkatnya Tegra K1 adalah SoC yang sangat….sangat….kencang.

Kejutan menarik lagi adalah pengumuman bahwa Unreal Engine 4 akan tersedia untuk Tegra K1. CEO Epic Games mengatakan bahwa game PC dan Console High End terbaru pun akan dapat berjalan di atas Tegra dengan lancar. Lewat press releasenya NVIDIA mengatakan bahwa PS4 & Xbox One berada setara dengan Tegra K1.

    Tegra K1 is also the first mobile processor to deliver the same graphics features as the next generation of consoles (Xbox One, PlayStation 4) and faster performance than current generation consoles (Xbox 360, PlayStation 3), all in the palm of your hand.

Selain itu Tegra K1 juga support Direct X11 dan Open GL 4.4, sehingga benar-benar support kualitas dan juga arsitektur game desktop. Siapa tahu kamu sudah sangat terpukau saya harus ingatkan lagi bahwa Tegra K1 adalah mobile SoC untuk tablet dan smartphone kamu, bukan untuk PC kamu.

Mulai merasa tertarik? Saya juga! Tapi jangan mengharapkan sesuatu yang “wah” dalam waktu dekat ini. Hal seperti ini membutuhkan waktu sampai berkembang penuh. Tahun lalu NVIDIA juga melakukan hal yang kurang lebih sama dengan Tegra 4, namun sampai sekarang hanya ada beberapa smartphone saja yang menggunakan Tegra 4 dan lebih sedikit lagi game yang sudah di optimize untuk Tegra 4.

Belum lagi mengingat bahwa Tegra biasanya dibranding dengan Android yang mana game kualitasnya AAA-nya jauh lebih sedikit dari iOS. Banyak developer game yang enggan melakukan porting game untuk Android karena satu dan lain hal, sebagai contoh Infinity Blade III sendiri (keluaran Epic Game) tidak tersedia untuk Android dan game kelas atas seperti Deus EX: The Fall dan XCOM pun absen. Jadi tetap ada kemungkinan K1 akan menjadi seperti Tegra 4, kencang tapi tidak ada yang memakai.

Jika kamu ingin melihat langsung Tegra K1 live in action menjalankan Unreal Engine maka silahkan klik disini. Acara CES masih berlangsung sampai 2 hari ke depan dan pastinya akan ada update lagi mengenai Tegra K1, so stay tuned!

Sumber : http://id.gamesinasia.com/nvidia-umumkan-tegra-1k-chip-mobile-setara-ps4-xbox-one/
Terima Kasih Atas Kunjungannya, Semoga Bermanfaat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Lainnya