Rabu, 09 Januari 2013

Ubuntu Siap Hadir Sebagai OS Perangkat Mobile. Bagaimana Prospeknya?

Satu berita muncul secara tidak terduga bulan ini, menyebutkan bahwa Ubuntu akan segera hadir sebagai OS baru untuk jajaran smartphone. Hal ini cukup mengagetkan mengingat Canonical, perusahaan di balik keberadaan Ubuntu, tidak terkesan memberitakan hal ini sebelumnya. Awal tahun ini, pendiri Canonical Mark Shuttleworth langsung mendemokan sistem operasi ini di markas besarnya di London, Inggris.


Kabarnya, Ubuntu ini akan dibangun dari kernel dan driver Android, serta akan lebih mengoptimalkan potensi perangkat. Ubuntu ini tidak menggunakan Java Virtual Machine. Aplikasi Android tidak akan bisa langsung dijalankan pada OS ini, namun hanya butuh sedikit adaptasi untuk menjadikan aplikasi tersebut kompatibel.

OS baru ini dijanjikan akan mendukung web berbasis HTML5, menyediakan set SDK untuk para developer mengembangkan aplikasi, dilengkapi dengan layanan cloud storage dan beberapa fitur lain seperti fitur pencarian dan perintah suara. OS Ubuntu ini juga akan lebih dinamis dari sisi penggunaan, karena Ubuntu memiliki jaringan penggunaan yang luas pada desktop PC.

Namun tidak semua orang menganggap berita ini adalah berita baik. Salah satu artikel luar menyebutkan bahwa Ubuntu dipastikan tidak akan bertahan pada ranah perangkat mobile karena Ubuntu telah identik dengan desktop PC. Apalagi, ponsel dengan basis Ubuntu baru akan hadir pada tahun 2014.

Apapun komentar pakar, kehadiran Ubuntu untuk perangkat mobile pasti akan menambah persaingan yang sudah ada. Apakah Ubuntu akan menyaingi Android dan iOS, ataukah ponsel-ponsel berbasis Ubuntu memang tidak akan laku di pasaran? Kita lihat saja bersama-sama.

Sumber: http://www.x-phones.com/blog/3778/ubuntu-siap-hadir-sebagai-os-perangkat-mobile-bagaimana-prospeknya
teknoup.com
inet.detik.com
techcrunch.com
belida.com
Terima Kasih Atas Kunjungannya, Semoga Bermanfaat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Lainnya