Bukan Facebook Phone ataupun Facebook OS yang diumumkan pada Facebook Event 15 Januari, melainkan sebuah mesin pencari Graph Search. Dalam banyak hal Anda bisa menyebut Graph Search sebagai mesin pencari canggih, bahkan lebih pintar dari Google Search.
Layanan Graph Search memungkinkan Anda mengajukan berbagai pertanyaan. Hasil pencarian akan diberikan ke hadapan Anda, baik berupa konten maupun informasi yang telah di-share (diijinkan) oleh kawan Facebook Anda. Ya, pencarian melalui Graph Search memang hanya berlaku untuk konten Facebook yang artinya Anda harus menjadi pengguna Facebook jika ingin memanfaatkan Graph Search.
Bekerjasama dengan Microsoft, Facebook menggunakan jasa search engine Bing dalam memberikan hasil pencarian akurat bagi pengguna Graph Search. Mesin pencari ini dinilai sangat membantu dalam berkegiatan di Facebook, baik untuk individu maupun perusahaan-perusahaan yang telah lama menggunakan Facebook dalam memasarkan produk dan jasa yang mereka tawarkan.
Yang menjadikan Graph Search pintar adalah kemampuannya mengeluarkan hasil pencarian sejak Anda mulai mengetik di kolomnya. Pertanyaan detil dan rumit juga akan dijawab oleh Facebook Graph Search. Namun mengingat Graph Search masih dalam tahap beta, bisa dimaklumi saat hasil pencarian tidak terlalu akurat seperti yang Anda inginkan.
Dalam metode pencarian baru yang diberikan Facebook melalui Graph Search, Anda bisa memasukkan pertanyaan yang sifatnya sangat spesifik, tentu saja dalam bahasa Inggris. Sebagai contoh, Anda bisa bertanya pada Facebook ‘which of my friends live in New York?’ Pencarian dengan teknologi baru Graph Search akan mendaftar semua teman Facebook Anda berdasar seringnya Anda berinteraksi dengan mereka. Artinya, teman dekat yang sering ngobrol atau salin komentar akan ditempatkan di urutan teratas.
Tak hanya itu, Graph Search juga bisa mencari berdasar status atau foto yang telah Anda Like. Sebagai contoh, situs Facebook kini bisa menampilkan teman mana saja yang telah Like acara televisi HBO, Game od Thrones. Anda bisa mencari orang-orang yang Like produk atau layanan di Facebook Page. Fitur ini pastinya akan sangat berguna bagi Anda yang bekerja di bidang pemasaran produk atau jasa.
Graph Search dipakai dalam Facebook search bar berwarna biru, di bagian atas akun Facebook Anda. Tapi perlu diingat bahwa untuk saat ini Facebook Graph Search masih terbatas penggunaannya, jadi barangkali hari ini Anda belum bisa menggunakannya untuk pencarian spesifik di akun Facebook Anda. Zuck juga mengatakan bahwa Graph Search adalah layanan yang (sementara) hanya fokus pada pencarian orang, foto, tempat dan interest.
Sumber : http://social-media.gopego.com/2013/01/facebook-graph-search-pesaing-google-yang-mampu-menjawab-semua-pertanyaan-anda dan http://mashable.com/2013/01/15/facebook-graph-search-privacy/