Kamis, 24 Januari 2013

Mencetak atau Print Dua Halaman Menjadi Satu Halaman di Excel 2007/2010

Saat bekerja membuat data berupa tabel menggunakan Ms Excel, seringkali jumlah kolom yang dibutuhkan sangat banyak. Sehingga akhirnya tabel tersebut sampai melewati halaman kedua atau halaman yang lain walaupun ukuran lebar kolom sudah diperkecil dan isi sel sudah diatur menjadi shrink to fit dan orientasi kertas sudah pada mode landscape. Tentunya hal ini akan membingungkan ketika file tersebut dicetak, karena akan memakan dua halaman sehingga akan mempersulit pembacaan data.


Hal tersebut seringkali membingungkan user yang masih awam. Sebenarnya ada cara yang cukup mudah untuk dilakukan agar tabel yang mencakup dua halaman tersebut bisa masuk menjadi satu halaman saja. Dengan demikian akan mempermudah pembacaan data dan file.Untuk itu tetaplah di halaman ini agar dapat mengetahui trik mengatur halaman di excel dari dua halaman menjadi satu halaman.

1. Setelah anda membuat data tabel yang sampai melebihi halaman yang sedang aktif, atau sampai melebar ke halaman sebelah kanan, aturlah ukuran kertas yang anda gunakan untuk mencetak. Silahkan dibuka pada tab Page Layout kemudian pilih Size.

2. Masih pada tab page layout, di group menu scale to fit ubahlah isian di Width dari automatic menjadi 1 page (jika tabel melebar kehalaman sebelah kanan) atau ubah pada isian Height dari automatic menjadi 1 page (jika tabel atau konten melebihi halaman dibawahnya).

3. Atau gunakan isian Scale, ubah dari 100% menjadi dibawahnya (90%, 80%, …..). Anda harus mengecek hasilnya di print preview. Jika sudah pas silahkan di cetak.

4.Anda pun bisa mengatur scale halaman pada saat membuka perintah Print. Pada setiap merk printer letak perintah scale bisa berbeda-beda, silahkan dicari sendiri.

Maka hasil dari pencetakan file yang semula terdiri dari dua halaman akan menjadi satu halaman saja. Selamat mencoba dan semoga sukses

Sumber : http://ketikankomputer.blogspot.com/2013/01/cara-mencetak-atau-print-dua-halaman.html
Terima Kasih Atas Kunjungannya, Semoga Bermanfaat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Lainnya