Rabu, 16 Oktober 2013

Tips Mengatasi Komputer/Laptop Lambat

Komputer/Laptop mulai terasa melambat seiring pertambahan usia PC dan tentunya perawatan secara berkala sangat diperlukan untuk menjaga kestabilan PC dan laptop. Langkah awal untuk mengatasi komputer/laptop lambat atau lemot ialah dengan melakukan beberapa pembersihan data yang tidak terpakai serta melakukan beberapa tune-up ringan agar lebih optimal.



Inilah Beberapa penyebab dan cara mengatasinya :

1. Komputer/Laptop lambat karena kurangnya memory.

Jika banyak software yang terinstall pada komputer/laptop Anda dapat memungkinkan peforma yang melambat. Ini dikarenakan komputer membutuhkan memory tambahan. Seperti : memory RAM, dan VGA. Solusinya agar tidak melakukan upgrade besar-besaran ialah, membuang program-program yang tidak penting. Seperti, game, dan program yang terhubung internet lainnya.

2. Komputer/Laptop lambat karena banyaknya file sementara.

Temporary file atau file sementara yang berlokasi biasanya di C:\Windows\Temp adalah file yang tidak penting biasanya. Jadi sebaiknya di hapus. Solusi cara cepat membesihkannya yaitu dengan cara ketik tombol 'Windows' + 'R'. Lalu ketik, 'cleanmgr'. Setelah muncul jendela baru, klik dan pilih 'Local Drive' yang akan dibersihkan.

3. Komputer/Laptop lambat karena kondisi hardisk.

Jika media penyimpanan seperti hardisk yang sangat berperan dalam komputer ini sudah mulai menua atau berumur. Solusi yang tepat ialah, lakukan rutin mengdefrag hardisk agar kondisinya selalu stabil. Software yang direkomendasikan adalah Defragler.

Solusi kedua ialah dengan melakukan upgrade pada hardisk dengan menggantinya dengan yang baru.


4. Komputer/Laptop lambat karena banyaknya virus, malware dan spyware.

Virus, malware dan spyware merupakan paket komplit dalam menghancurkan sistem kerja komputer. Solusi yang paling ampuh ialah menginstall ulang windows. Untuk opsi kedua ialah dengan menggunakan virus cleaner seperti Antivirus Avira, dll.

5. Komputer/Laptop lambat karena hardware kepanasan atau 'overheat'.

Solusi untuk komputer/laptop yang kepanasan atau overheat ialah memastikan sirkulasi udara yang masuk kedalam CPU. VGA, Hardisk, dan Prosessor sangat berpengaruh jika terlalu overheat. Karena bisa memungkinkan peforma yang menurun. Untuk itu, kebersihan dalam CPU juga harus dijaga. Selalu pastikan sirkulasi udara dengan baik. Tambahannya, gunakan kipas atau fan untuk Laptop.

Itulah beberapa hal penyebab dan cara mengatasi komputer/laptop yang lambat. Semoga bermanfaat.

Sumber : http://www.29axd.com/2013/06/tips-mengatasi-komputer-laptop-lambat.html
Terima Kasih Atas Kunjungannya, Semoga Bermanfaat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Lainnya