Selasa, 30 Juli 2013

Merubah Tampilan Chrome Menjadi Seperti Windows 8.1 Start Screen

Microsoft telah melakukan beberapa perubahan drastis di seri terbaru Windows 8 yang juga berubah nama menjadi Windows 8.1 atau Windows RT. Perubahan dari sisi interface yang kian memudahkan pengguna dan juga beberapa improvisasi yang diadaptasi dari versi sebelumnya. Meskipun belum mendapatkan respon positif tetapi beberapa developer sudah mengadopsi tampilan Windows 8.1 seperti yang diusung oleh ekstensi Chrome bernama New MetroTab.


Ekstensi Chrome ini menawarkan fitur dan tampilan Windows 8.1 Start Screen ke browser Chrome, tampilannya 100% sama, namun untuk beberapa tile mungkin tidak akan sama, namun Anda tidak bisa mengira-ngira kesamaan keduanya selain mencoba sendiri. So, di artikel ini saya akan coba berikan beberapa ulasan dan langka-langkah untuk melakukan penyesuaian tampilan dan fitur.

1. Pertama-tama instal ekstensi Chrome dari sini: Chrome

2. Instal aplikasi dan restart Chrome Anda. Setelah diinstal, ekstensi secara otomatis akan merubah tampilan Chrome menjadi Windows 8.1 lengkap dengan beberapa tile antara lain:Weather, Camera, SkyDrive, Outlook, Feeds RSS, Vimeo, dan Grooveshark. Dengan banyaknya tile default yang beragam dan bercampur, tentunya tidak semua aplikasi tersebut Anda butuhkan, Anda perlu mengatur dan menghapus beberapa tile. Untuk menghapus atau merubah ikon klik kanan pada sebuah tile dan kemudian akan muncul menu di dasar halaman dengan menu-menu yang dapat Anda pergunakan.


3. Setelah Anda hapus beberapa tile, sekarang tentu Anda ingin menambahkan tile yang sesuai dengan kebutuhan dan selera. Caranya klik ikon User Anda di kanan atas dan klik Add tile.

4. Di sini Anda dapat menambahkan situs tertentu menjadi tile, secara otomatis ekstensi akan membuat sebuah label dan ikon sesuai dengan title dan tampilan depan situs tetapi Anda juga dapat menentukan sendiri ikon yang diinginakan. Jika semua data sudah dibuat maka terakhir klik tombol Create Tile.


5. Langkah selanjutnya setelah pembuatan tile, sekarang coba sesuaikan tile yang Anda miliki dengan grup yang ada, jika ada tile yang tidak sesuai atau kurang pas Anda dapat menggeser tile dengan cara menarik dan menjatuhkan ke posisi yang Anda inginkan. Sangat mudah.

6. Selain tile yang bersifat aplikasi ada pula tile yang secara live terus berubah sesuai dengan perubahan situs terkait, nah tile-tile semacam ini perlu untuk diatur agar tidak over dosis. Caranya klik ikon user Anda dan klik Options.


7. Pilih menu Live Tiles, kemudian rubah waktu loading ke waktu yang Anda inginkan, defaultnya 2 detik namun dapat Anda sesuaikan kembali. Default readernya Digg Reader, masih bisa dirubah sesuai dengan keingingan Anda.


Selain Live Tiles, di jendela yang sama Anda dapat melakukan beberapa pengaturan lain seperti tampilan (Appearance), Optional Functions dan Import/Eksport settings. Silahkan diotak-atik lagi jika ada yang dirasa masih kurang.

Sumber : http://blog.fastncheap.com/cara-merubah-tampilan-chrome-menjadi-seperti-windows-8-1-start-screen/


Terima Kasih Atas Kunjungannya, Semoga Bermanfaat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Lainnya