Jumat, 19 Juli 2013

Cara Menghapus Salah Satu OS Pada Dual Boot

Sempat Saya bingung untuk menghapus OS yang ada banyak sekali saat Saya booting OS Saya.
Sampai-sampai OS windows 7 Saya ada 3 OS dan windows 8 ada 1 OS total jadi 4 OS.
Saya sudah berkunjung ke beberapa blog dan ternyata tidak ada yang berhasil tutorial di blognya, karna rata-rata blog yang Saya kunjungi hasil copy paste semua, dan pada akhirnya ada blog yang berbeda sendiri artikelnya, walaupun artikelnya seperti copy paste tapi sepertinya adminnya meringkas dan menjadikan artikelnya berbeda dengan menyatukan sumber-sumber artikel tersebut.


Baiklah lihat gambar dual boot OS di bawah ini, walaupun tidak sama seperti dual boot pada komputer Saya, tetapi ada sedikit persamaannya.
Pada saat booting, windows memberikan 2 pilihan OS untuk log on windows. Terlihat pada pilihan kedua OS masih dalam bentuk SETUP, ini berarti installasi windows yang pertama tidak sempurna dan tidak di hapus sebelum melakukan instalasi windows yang kedua.

Ada cara untuk menghilangkan salah satu OS yang tidak diinginkan tersebut sehingga setiap kali log on windows kita tidak perlu melakukan pemilihan OS untuk log on.

Untuk kasus ini, sebenarnya kesalahan ada pada saat instalasi. Sebelum melakukan instalasi baik pada harddisk kosong maupun yang sudah terisi OS Windows yang mungkin bermasalah sehingga harus dilakukan install ulang, sangat disarankan untuk melakukan format hardisk terlebih dahulu.

Sedangkan untuk melakukan format hardisk bisa dilakukan dengan cara :

1. Format c: dari cd setup instalasi windows
2. Pilih opsi boot priority ke CDROM atau DVDROM dari bios setup
3. Kemudian boot pc dengan cd instalasi windows, untuk melakukan format.
4. biarkan setup windows xp berjalan sampai pada pilihan untuk melakukan SETUP, REPAIR atau CANCEL.
5. Pilih REPAIR dengan menekan huruf "r" di keyboard.
6. Setup akan terhenti dan akan meminta pilihan drive yang akan di repair.
7. Pilih no 1 (c: Windows) dengan mengetikkan angka 1 dan menekan enter.
8. Setelah masuk drive c prompt, ketikkan : C>: format c: , maka semua file dan data yang ada di drive c akan hilang tak tersisa, drive c akan benar-benar bersih dan siap untuk dilakukan installasi windows.


Untuk installasi Windows 98 dan ME, tidak perlu melakukan pilihan REPAIR karena installasi file windows baru berjalan setelah pilihan setup dari file oem di CD. Berbeda dengan Windows XP yang setup file-nya akan langsung di copy ke drive c, sehingga proses installasi berjalan dari drive c yang sudah terisi file installasi windows. Pada Windows 98 dan ME, format dilakukan dari virtual drive A: yang tercipta otomatis setelah booting dengan cd setup windows 98 atau ME, caranya ketikan : A>: format c:

sama seperti windows xp, semua data di drive c akan bersih tak tersisa dan hardisk siap di install windows.

Untuk solusi yang sering Saya lakukan bagi PC yang sudah terlanjur terinstall dual OS boot windows yang bermasalah, caranya ada di settingan boot.ini file :

1. Coba anda buka System Configuration Utility dari Start → Run → Ketik : msconfig → Enter

2. Pada tab BOOT.INI, cek list operating systems yang mau dihapus.

3. Delete → OK
4. Restart komputer


Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat !

Sumber : http://suryachandragobel.blogspot.com/2012/11/cara-menghapus-salah-satu-os-pada-dual.html
Terima Kasih Atas Kunjungannya, Semoga Bermanfaat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Lainnya