Kamis, 18 April 2013

Mengontrol Android Untuk Anak-Anak

Pasang KIDO’z di tablet/ponsel Android-mu agar kamu dapat mengontrol apa saja yang bisa diakses anak-anakmu.

Anak-anak jaman sekarang, sejak balita sudah tak lagi dengan ponsel atau tablet, baik yang menggunakan WindowsPhone, Android, atau iOS. Ketika bermain dengan perangkat-perangkat tersebut, mereka terlihat sangat lucu dan menggemaskan bukan? Seolah-olah mereka sudah paham apa yang harus dilakukan, apalagi jika bermain dengan sebuah aplikasi belajar atau permainan.


Namun mestinya kita bertanya-tanya, seberapa aman atau baikkah perangkat-perangkat tersebut untuk mereka gunakan? Faktanya, tidak semua aplikasi permainan boleh mereka mainkan. Tidak baik bukan jika mereka bermain permainan yang berbau dengan kekerasan?
Nah, untuk itulah perlu adanya kontrol mungkin dari sisi jenis aplikasi apa yang boleh mereka mainkan dan atau batasan waktu mereka bermain dengan perangkat-perangkat tersebut. Di sini, kita akan mencicipi sebuah aplikasi KIDO’Z Play Mode-Safe For Kids yang berjalan di platform Android.

A KIDO’Z Play Mode-Safe For Kids merupakan contoh gabungan antara aplikasi dan layanan agar orang dewasa atau orang tua dapat mengatur permainan apa saja yang boleh dimainkan anaknya serta berapa lama mereka boleh bermain. Untuk memberi gambaran atau menuntun kamu mengenal dan menggunakan aplikasi ini, silakan jalankan langkah-langkah berikut.

1. Pada ponsel atau tablet Android kamu, pasang aplikasi “KIDOS’Z Play Mode-Safe for Kids” yang tersedia di Google Play. Lalu jalankan.
2. Langkah berikutnya, bikinlah akun baru di layanan Kidoz.net. Untuk itu, tap tombol [Create Account]. Masukkan data nama, e-mail, dan password kamu. Setelah itu tap tombol [Register].
3. Kamu diminta membuat akun untuk anak yang akan menggunakan perangkat ponsel/tablet dengan aplikasi ini. Isikan nama, bulan/tahun lahir, dan jenis kelamin dengan men-tap ikon laki-laki atau perempuan. Untuk pembuatan akun anak, tap tombol [Create].
 4. Kamu juga dapat memberikan foto sang anak. Caranya, tap [Change Picure]. Kamu juga dapat menambahkan foto untuk anak yang lain. Setelah selesai, tap tombol [Start KIDO’Z] untuk memulai.
5. Hal penting berikutnya, tentukan kidoz sebagai default untuk penekanan tombol Home pada ponsel/tablet Android kamu. Tujuannya, agar anak-anak tidak dapat melihat pilihan menu aplikasi selain yang sudah kamu tentukan. Caranya, beri tanda cek pada item Use by default for this action, dan tap item pilhan KIDO’Z.

6. Kido’z akan menampilkan daftar anak yang telah kamu buat. Silahkan tap akun anak yang telah dibuat untuk mulai masuk ke dunia Kido’z. Kido’z akan menampilkan daftar aplikasi yang dipandang cocok untuk anak-anak. Aplikasi-aplikasi yang ditampilkan adalah aplikasi yang telah terpasang di ponsel/tablet dan juga yang telah dikenali oleh layanan Kido’z.
7. Dari daftar aplikasi yang ditampilkan, yang menarik adalah aplikasi Kido’z Browser. Di sana anak-anak tetap dapat melihat beberapa animasi tokoh yang banyak dikenal di dunia anak-anak. Cuma untuk bisa melihatnya, pada ponsel/tablet kamu harus sudah terpasang Adobe Flash Player for Android.
8. Selain Kido’z browser, terdapat juga Kido’z TV yang menampilkan berbagai macam film pendek yang cocok untuk anak-anak. Lalu juga ada Kido’z Game yang berisi game Flash sederhana, tetapi cocok untuk anak-anak.
9. Kamu juga dapat langsung memasang aplikasi-aplikasi permainan yang bukan dari Kido’z. Silakan tap ikon menu More Apps.
Sebagai orang tua atau orang yang lebih dewasa, kamu dapat menentukan beberapa hal terkait dengan kontrol terhadap desktop aplikasi Kido’z. Tap ikon Parents di kanan bawah layar, lalu masukkan password yang telah kamu buat di awal. Akan hadir sebuah tampilan dengan beberapa menu. Untuk dapat mengatur aplikasi apa saja yang akan muncul di layar desktop untuk anak-anak misalnya, cukup tap menu [Apps]. Lalu beri tanda cek jika ingin menampilkan aplikasi tersebut di desktop. Demikian juga sebaliknya.
11. Hal lain yang dapat dikontrol adalah situs atau materi di Internet yang boleh diakses anak-anak. Tap ikon menu [Online Content], dan pilih nama anak yang akan diatur. Pilih kategori konten apa yang akan diatur, apakah untuk Browser, TV, atau Games. Untuk Browser misalnya, tap-lah ikon KIDO’Z Browser, dan tap [Add New] untuk menambahkan alamat web yang boleh diakses.
12. Untuk membatasi waktu pemakaian, tap menu [Time Limit], lalu pilih anak mana yang akan kamu batasi. Selanjutnya beri tanda cek pada item Activate Time Limit Control, dan definisikan lama waktu pemakaian. Kamu dapat mengatur batasan waktu harian berdasar jumlah berapa lama akses (jam) atau waktu dari jam awal sampai akhir.
13. Untuk keluar dari KIDO’Z, tap ikon [X] di kanan atas layar, lalu masukkan password kamu. Sekarang layar ponsel/tablet akan kembali ke desktop kamu.

Tertarik silakan di download KIDO'Z untuk Android di bawah ini
DOWNLOAD


Sumber : http://www.tabloidpcplus.com/2013/04/tutorial/mengontrol-android-untuk-anak-anak-kidoz-play-mode-safe-for-kids/ dan Budi Susanto

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Semoga Bermanfaat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Lainnya