Jumat, 10 Februari 2012

Tanda-tanda Komputer Kena Virus

Bagi pengguna awam komputer jarang diketahui apa sih Tanda-tanda komputer kena virus. Sobat, tau donk yang namanya virus komputer. Paling enggak, tau hasil dari kerjaanya yang bikin pusing, dongkol, kesel dan jengkel. Gara-gara yang namanya virus komputer file kerjaan ilang, komputer quad core jadi selemot 386, suka restart sendiri, bahkan nyampek yang ekstrim banget: ngerusak hardware!

Apa sih tanda-tanda komputer kena virus?


Pertama-tama untuk mendeteksi virus, kenali dulu tanda-tanda komputer yang kena virus!
1. Komputer mulai berjalan sangat lambat.Kalo cuma buka aplikasi ringan aja butuh waktu menitan, ini tanda paling umum komputer udah terinfeksi
2. Muncul file-file aneh. Misalnya di folder tertentu muncul file-file yang gak kita inget kapan naronya. Apalagi kalo udah extensinya yang aneh atau gak sesuai dengan iconnya (icon Ms Word tapi application?). Ataupun ada folder yang muncul dalam folder dengan nama sama
3. Komputer suka restart sendiri. Apalagi jika kita masuk ke program antivirus, task manager, msconfig, Regedit, atau program lain yang seharusnya bisa dijalankan secara wajar (Kok komputer saya waktu jalanin game Crysis suka restart sendiri? Ya Iyalah, itu mah komputer nya aja yang gak kuat, neng.)
4. Hilangnya beberapa option di komputer. Misalnya Folder option, Regedit, Run, command prompt. Atau apabila sudah melakukan perubahan, tapi gak ngefek. Misal di folder option “show hidden file” udah kita checklist (Baca: ceklis) tapi pas di OK eh hidden filenya gak tetep gak keliatan.
5. Muncul pesan-pesan aneh gak jelas. (yang udah keinfeksi louhan tau deh pasti)
6. Program antivirts gak bisa jalan.

APA YANG MESTI KITA LAKUKAN?
1. Perkirakan asal virus. Virus gak akan ujug-ujug muncul di komputer, (virus gak nganut generation spontaneous), pasti asalnya dari luar komputer/system kita. Kira-kira kemaren abis install sesuatu? Download? connect (baca: konek) ke internet/LAN? masukin disket? (hari genee masih pake disket??) nancepin flashdisk? kesemuanya adalah sumber virus. Kalo kira-kira udah ketemu di lain waktu berhati-hatilah.
2. Install/Scan/Update Antivirus. Yang pertama upaya yang perlu kita lakukan adalah install antivirus buat yang belum ada. yang udah ada? segera full scan komputer. Masih gak keditek (baca: ke detect)? update antivirus anda! Perlu gak sih update virus? Ya iya lah. Tiap hari kira-kira ada 10 varian virus baru yang tercipta. Kalo gak update ya siap-siap aja. Antivirus mahal? gak mau pake bajakan? udah ada banyak kok antivirus free macam AVG, PCMAV, Antivir. Beberapa produsen antivirus pun udah mulai merilis free edition nya. Yang murah ada juga kok, mulai dari 50.000/tahun juga ada.
3. Biasanya virus yang mencurigakan udah dapat keditek meskipun gak bisa dihilangkan. Pilihannya: kirim contoh virus ke produsen antivirus untuk dianalisis dan dibuatkan vaksinnya, atau browsing di internet buat cari cara penanggulangannya.
4. Konsultasi ke para ahli. Maksudnya ahli disini teman, sodara, orang tua, istri, suami, anak, yang suka otak-atik komputer atau sebagian harinya dihabiskan di depan komputer buat nanggulangin masalah virus ini. Kalo di kantor sih contact aja bagian IT nya. Jangan lupa kasi uang ala kadarnya, atau kalo gak enak, traktir makan, beliin coklat, kasi pinjem DVD dan lainnya.
5. Buat yang udah ahli ya bisa cari dan tanggulangi virus itu sendirian . Safe mode> cari dan basmi virus yang ada.

Pilihan terakhir kalo udah ngelakuin itu semua tapi si virus masih pada nempel di komputer tersayang kita, coba cara terakhir yang biasanya ampuh: Install ulang Windows anda!
Sumber : http://ramdani1428.wordpress.com/2008/03/11/tanda-tanda-komputer-kena-virus-penanggulangannya/
Terima Kasih Atas Kunjungannya, Semoga Bermanfaat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Lainnya