Selasa, 15 Juli 2014

Senyum, Cara Baru Kendalikan Komputer

Ilmuwan komputer bernama Uday Parshionikar menciptakan metode baru manusia berinteraksi dengan komputer. Dengan perangkat buatannya, kini manusia bisa mengontrol komputer atau tablet layar sentuh dengan menggunakan senyuman.

Uday membuat sensor yang terpasang di kepala, bisa dipasang di kacamata, dan menggunakan sensor gyro untuk mendeteksi gerakan kepala. Gerakan tersebut kemudian diterjemahkan sebagai gerakan mouse di layar komputer.


Sementara untuk melakkan klik, Uday membuat perangkat yang dikenakan tersebut bisa mengenali senyum. Saat tersenyum, pipi dan kening pengguna akan bergerak dan dikenali oleh sensor. Gerakan inilah yang diterjemahkan sebagai "klik mouse" oleh komputer.

Perangkat buatan Uday diklaim bisa memberikan kontrol dengan tingkat presisi tinggi dengan hanya menggunakan sedikit gerakan dan senyuman.

"Metode ini juga turut membuat orang lebih banyak tersenyum di tempat kerja nantinya," begitu canda Uday.

Menurut Uday, seperti dikutip dari CBS News (2/7/2014), ide membuat perangkat yang bisa digunakan untuk mengendalikan komputer dengan senyuman itu muncul dari proyek sekolah putranya.

"Saat itu putra saya duduk di kelas delapan, dia memiliki ide bagaimana jika kita bisa mengontrol komputer dengan menggunakan kepala, dan saya langsung berpikir itu ide yang cemerlang," terang Uday.

Perangkat yang masih dalam bentuk purwarupa ini nantinya menurut Uday bisa digunakan oleh para penyandang cacat, sehingga mereka bisa memiliki kesempatan akses komputer yang sama dengan yang lainnya.

"Penyandang cacat, atau penyandang sindroma carpal tunnel bisa menggunakannya, selain itu profesional dan dokter pun bisa menggunakannya saat ingin menggunakan komputer sembari mengoperasi pasien," demikian tutur Uday.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan perangkat tersebut digunakan oleh para profesional lain di bidangnya, seperti mekanik dan teknisi. Bahkan, gamer pun bisa juga memanfaatkannya juga.

Uday dalam waktu dekat juga akan merilis aplikasi untuk smartphone dan tablet. Aplikasi tersebut berguna untuk menjejak gestur wajah pengguna dan gerakan kepala dengan kamera terintegrasi perangkat, dan mengontrol mouse.

Lihat video Uday yang bermain game Angry Birds dengan gerakan kepala dan senyuman melalui


Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2014/07/03/1308003/Senyum.Cara.Baru.Kendalikan.Komputer
Sumber 2: ABCNews
Editor: Wicak Hidayat
Terima Kasih Atas Kunjungannya, Semoga Bermanfaat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Lainnya