Jumat, 18 Mei 2012

Geogebra : Software Geometri & Aljabar

Geogebra merupakan salah satu dari sekian banyak DGS (Dynamic Geometry Software). Kita dapat mengkonstruksi bangun-bangun geometri dengan titik, vektor, segmen, garis, poligon, kerucut, dan fungsi. Elemen-elemen dapat dimasukkan dan dimodifikasi secara langsung pada layar, atau melalui input bar yang ada. Geogebra memiliki kemampuan menggunakan variabel untuk nomor, vektor dan titik, menemukan turunan dan integral dari fungsi dan memiliki perintah seperti akar atau ekstrem.

Guru dapat menggunakan Geogebra untuk membuat dugaan dan membuktikan teorema geometri. Walaupun saya sendiri juga baru mencoba, tapi setidaknya itu yang dideskripsikan oleh pembuatnya.

Software berplatform java ini benar-benar free. Anda bebas mengunduhnya, menyalin dan menyebarluaskannya dengan tujuan non komersial. Untuk mengunduhnya tersedia beberapa versi, dari download online, ataupun hanya sekedar menggunakan geogebra ini tanpa harus menginstallnya dikomputer, sampai versi offline. Download offline OS Windows di sini,  Tetapi yang perlu diperhatikan mungkin sebelum menginstal juga membutuhkan installer java, silakan download saja, free. Sayapun 2 kali menginstal Geogebra ini pada 2 komputer yang berbeda, dan salah satunya bisa langsung instal tapi yang kedua harus instal java dulu.

Geogebra : Free mathematics software for learning and teaching

Interactive graphics, algebra and spreadsheet
From elementary school to university level
Free learning materials
Graphics, algebra and tables are connected and fully dynamic
Easy-to-use interface, yet many powerful features
Authoring tool to create interactive learning materials as web pages
Available in many languages for our millions of users around the world
Free and open source software

Kurang lebih tampilannya seperti gambar di bawah ini:
Software geometri dan aljabar
Geogebra: Software geometri dan aljabar
Untuk Tampilannya juga cukup user friendly, kalo yang bahasa Inggrisnya masih belepotan kaya saya maka  software ini dapat menggunakan bahasa Indonesia. Hasil dari gambar dapat disave dalam format png, pdf maupun dicopy dalam clipboard untuk selanjutnya bisa di paste dalam office word. Untuk tutorialnya bisa belajar dari sini. Mungkin itu dulu yang dapat saya share, mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat. Semangat Matematika.

Sobat Tertarik Silakan Download disini

Sumber : http://dumatika.com/geogebra-software-geometri-dan-aljaba/
Terima Kasih Atas Kunjungannya, Semoga Bermanfaat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Lainnya