Sabtu, 31 Maret 2012

Laptop VS Desktop

Laptop VS Desktop
Laptop dan desktop komputer memiliki fungsi yang sama, seperti memutar musik dan video, menjalankan aplikasi office, atau fungsi dasar lainnya. Keduanya juga memiliki tampilan grafis yang hampir sama dari yang simple sampai advanced graphic. Namun masing masing memiliki keunggulan tersendiri.


Sound dan Grafis
Banyak yang mengira bahwa komputer desktop memiliki tampilan suara dan grafis yang lebih bagus daripada laptop, namun dengan semakin majunya teknologi laptop mampu menampilkan sound dan grafis yang sama dengan komputer desktop.

Harga
Saat ini pasar komputer banyak dibanjiri permintaan laptop, penjualan laptop jauh meningkat dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Meskipun harga laptop komputer sedikit lebih mahal namun penjualannya mengalahkan komputer desktop. Tentu dengan fungsi dan kemampuan yang sama laptop dibandroll dengan harga yang lebih mahal namun membutuhkan lebih sedikit energi listrik.

Mobilitas
Sebagaimana Desktop pasti membutuhkan monitor, keyboard, system unit dan casing, tentu saja kita tak bisa membawa desktop yang besar kemana-mana, disinilah keunggulan dari laptop dengan bobot rata rata kurang dari 4kg akan memudahkan kita untuk membawanya, dengan kemampuan baterai yang bisa bertahan 4-6 jam kita tak perlu susah untuk mendapatkan pasokan energi. Namun dari segi keamanan laptop lebih rentan terhadap pencurian, karena mudah dibawa dan memiliki harga yang masih tinggi pencuri pasti memasukkan laptop dalam daftar mereka.

Sparepart
Jauh lebih mudah dan murah untuk mencari sparepart komputer desktop daripada laptop, juga desktop lebih gampang melakukan upgrade pheriperal dibanding dengan laptop. Sebagian besar laptop dengan merk tertentu sparepatnya adalah “proprietary” maksudnya adalah jika ada komponen laptop Sony yang rusak hanya bisa diganti atau diperbaiki oleh Sony atau rekanan yang ditunjuk oleh Sony, dan jika masa garansi telah habis akan ditarik biaya yang tidak murah.

Sumber : http://yasiranak252.blogspot.com/2010/12/pilih-laptop-apa-komputer-desktop.html
Terima Kasih Atas Kunjungannya, Semoga Bermanfaat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Lainnya